![]() |
Conten ini berisi rangkuman materi pada kuliah tamu Technology in practice 3 Pergutuan Tinggi Asia Malang, Kamis 26/10/17 Oleh: Asrul Tsani Alumni STMIK ASIA MALANG |
Melihat fakta yang kita temui dan rasakan sekarang
ini, semua orang kini online, dimana-mana orang menggunakan smartphone, tablet,
laptop atau komputer dalam melakukan aktivitas mereka. Semua aktivitas kini
bisa dikerjakan secara online, seperti : belanja, transaksi banking, komunikasi
dengan teman, bermain game, mendengarkan musik maupun menonton video atau film.
Dan setiap harinya, jutaan orang juga mencari sesuatu secara online, untuk
segala sesuatu mulai dari tiket penerbangan, mencari oleh-oleh,dll. Dengan
meilhat fakta yang masyarakatnya sudah go online, Itu berarti ada jutaan
peluang bagi bisnis Anda untuk muncul di depan pelanggan potensial jika anda
memasarkan bisnis anda secara online.
![]() |
SEO adalah suatu proses untuk mempengaruhi
tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil
pencarian organik dari mesin pencari. Hasil pencaria organik disini maksudnya
adalah tidak berbayar alias gratis. Jadi bisa dikatakan Anda tidak perlu
membayar /gratis agar bisnis anda muncul di halaman hasil pencarian, namun diperlukan
kiat-kiat khusus agar situs anda bisa optimal dengan SEO.
Dalam meningkatkan peluang website Anda tampil di
hasil pencarian organik intinya adalah kualitas. SEO membantu Anda untuk membuat
perbaikan kualitas website Anda sehingga memudahkan mesin pencari menemukan
situs Anda dan dapat muncul dinomor 1 hasil pencarian organik.
Mengapa harus di nomor 1 dalam hasil pencarian di halaman pertama?
Karena tentunya akan lebih banyak klik (kunjungan) dari para pengguna internet
ke situs Anda tersebut, dibandingkan jika situs Anda tidak muncul di halaman 1
hasil pencarian mesin pencari.
Dalam SEO, memiliki tujuan dasar, utama manfaat dan
keuntungan yang dijelaskan sbb:
Tujuan Dasar SEO terkait
dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan
posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil
pencarian mesin pencari
Tujuan SEO yang utama :
* Meningkatkan
Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
Supaya
sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling
banyak diklik
* Meningkatkan
Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung
yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas /
trafik
Pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan
dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini
menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda
Manfaat SEO adalah untuk konversi.
Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan,
atau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua
elemen-elemen di situs web Anda, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari
anggota komunitas, partisipan, atau konsumen Anda.
Konversi Umum
Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web
Anda sehingga mudah dijangkau oleh calon audience, pengguna informasi,
atau konsumen produk/jasa yang Anda targetkan.
Meningkatnya otoritas, brand, dan kepercayaan konsumen
atau komunitas terhadap perusahaan, professional, atau personal Anda, sehingga
situs Anda menjadi acuan atau referensi di bidangnya
Konversi Utama
kembalinya pengunjung ke situs Anda, waktu kunjungan
yang relatif lebih lama, dan interaksi lainnya yang menyatakan penilaian positif
pengunjung situs kepada situs web Anda.
Meningkatnya transaksi penjualan, meningkatnya jumlah
pengunjung harian, meningkatnya jumlah pelanggan,dll
Keuntungan SEO tergantung
tujuan SEO,bisa keuntungan moril atau materil
Search
Engine Marketing (SEM)
Dengan menggunakan SEM memungkinkan Anda menggunakan
mesin pencari untuk mengiklankan kepada pelanggan potensial ketika
mereka mencari kata-kata tertentu dan frase yang relevan dengan bisnis Anda.
SEM adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda karena bersifat sederhana, namun efektif dalam menampilkan
hal-hal yang mereka inginkan.
Pengiklan dapat
menargetkan pencarian tertentu, anda hanya membayar jika seseorang mengklik
iklan anda, jika
iklan Anda muncul, akan
tetapi tidak ada yang mengklik itu, Anda tidak akan dikenakan biaya , hal
ini sering disebut dengan PPC (bayar per klik)
SEM bisa dikatakan cara beriklan yg efektif karena
dengan SEM, besar kemungkinan orang-orang akan klik iklan Anda karena iklan
yang ditampilkan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung, dengan kata
lain cara beriklan dengan SEM adalah cara beriklan kepada orang-orang di saat
yang tepat.
Cara kerja SEM yang pertama yaitu berdasarkan penawaran yang kompetitif
Katakanlah Anda bersedia membayar sampai $ 2 ketika
orang mengklik iklan setelah mencari bisnis Anda. Harga ini sering disebut
biaya maksimum per klik, atau PPC Maks (jumlah maksimum biaya pengiklan siap
untuk membayar untuk klik). Jika pesaing Anda hanya punya $1Max PPC, Anda
akan memiliki tawaran yang lebih tinggi, yang berarti Anda akan “maju” dalam
lelang dan iklan anda akan muncul di posisi awal hasil pencarian. Perlu
diingat: bisnis dapat mengubah maksmimum PPC setiap saat, sehingga Anda akan
perlu untuk mengawasi tawaran Anda secara teratur untuk memastikan Anda
mendapatkan kinerja yang Anda inginkan.
Cara kerja SEM yang kedua adalah berdasarkan tingkat
relevansi.
Penilaian untk relevansi biasanya diukur dengan nilai
dari 1 sampai 10 berdasarkan seberapa dekat iklan Anda berkaitan dengan apa
yang seseorang mencari. mesin pencari seperti Google dan Bing lihat ini sebagai
Skor Kualitas.
Misalnya, jika seseorang mencari “hotel murah di
Bandung”, dan judul iklan Anda adalah “Hotel Murah di Bandung-harga mulai dari
90rb”, mesin pencari mungkin menganggap iklan Anda sangat relevan. Itu berarti
Anda akan cenderung mendapatkan Angka Mutu yang tinggi.
Tapi bagaimana jika judul iklan Anda adalah “Pesan
Kamarmu di RedDoors” atau “Bandingkan harga hotel di Bdg” Kedua iklan merujuk
pada hotel di bandung, tetapi yang satu ini kurang relevan, karena langsung
merujuk ke salah satu nama hotel dan website tentang membandingkan harga hotel.
Dalam hal ini, relevansi Anda tidak akan sebaik pada Judul yang pertama,
sehingga Anda mungkin akan memiliki Skor Kualitas yang lebih rendah dan berada
di urutan lebih rendah.
Kita kan mempelajar perhitungan SEM yang didasarkan
pada cara kerja SEM sebelumnya yang sudah kita bahas, yaitu berdasarkan
penawaran dan relevansi.
Pada iklan A memiliki tawaran $2, tapi iklan nya
dianggap sangat tidak relevan sehingga skornya 4 dari 10. sedangkan iklan B
memiliki tawaran $1, dan relevansinya cukup tinggi yaitu 9. Jika kita melihat
secara dekat, kita bisa mengambil semua info ini dan mencari tahu apa yang akan
terjadi dalam lelang.
Kemudian kita menghitung peringkat iklan dengan
mengalikan biaya penawaran dengan skor kualitas /relevansi, iklan A memperoleh
nilai 8 (2 x 4) dan iklan B nilainya 9 (1x 9)
Jadi apa artinya? Meskipun tawaran iklan B kurang dari
iklan A, namun iklan B memenangkan lelang, dan dia mendapat posisi yang lebih
tinggi pada hasil pencarian dari iklan A.
Hal ini untuk memastikan iklan yang paling relevan
dapat memenangkan lelang, tidak hanya orang-orang dengan tawaran tertinggi.
Jika iklan Anda tidak memiliki relevansi dan mendapatkan Skor Kualitas rendah,
itu akan sulit untuk bersaing. Bahkan, jika relevansi terlalu rendah, mesin
pencari mungkin tidak menampilkan iklan sama sekali.
Untuk meningkatkan kinerja Anda, tetap fokus pada
peningkatan relevansi semua iklan Anda. Pastikan bahwa iklan Anda selalu cocok
dengan istilah yang orang hanya mencari. Dengan melakukan ini, Anda dapat
memenangkan posisi yang lebih baik untuk iklan Anda, tanpa harus membayar lebih
banyak uang.
Dalam rangka meningkatkan relevansi pada SEM, sangat
dipengaruhi oleh kata kunci. Lalu bagaimana membuat kata kunci yang baik dalam
rangka meningkatkan relvansi yang tinggi?
tiga faktor penting untuk dipertimbangkan saat memilih
kata kunci diantaranya : relevansi, traffic (kunjungan) dan kompetisi.
RELEVANSI
Hal pertama yang harus bertanya pada diri sendiri
adalah: kata kunci ini relevan? Atau
dengan kata lain, apakah kata kunci ini erat menjelaskan produk atau jasa Anda?
Cobalah untuk fokus hanya pada kata kunci yang relevan
dengan bisnis Anda, dan Anda akan lebih sukses ke depannya.
TRAFFIC
Faktor lain untuk dipertimbangkan adalah berapa banyak
kunjungan dari kata kunci. Dengan kata lain, Anda mungkin memiliki kata kunci
yang sudah relevan dengan bisnis Anda, tapi bagaimana jika tidak ada yang
mencari kata kunci Anda?
Gunakan tools untuk melakukan penelitian kata kunci
yang dapat memberikan peningkatan untuk kunjungan pada situs Anda. Namun dalam
kenyataannya, Anda mungkin harus menggunakan sedikit trial and error untuk
mencari tahu kata kunci yang relevan dan kunjungan yang relatif tinggi.
KOMPETISI
Anda harus mencari kata kunci di mana relevansi dan
lalu lintas yang tinggi, dan persaingan relatif rendah. kata kunci yang anda tentukan harus sedikit
kompetitif, maka gunakan kata kunci yang lebih spesifik untuk bisnis Anda.
Jadi, ketika Anda berpikir tentang kata kunci yang
Anda ingin disertakan dalam iklan kampanye Anda, kaitkan dengan relevansi,
traffic yang potensial dan kompetisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar