Dasar-dasar SEO (Search engine optimization) dan SEM (Search engine marketing)

seo blog
Conten ini berisi rangkuman materi pada kuliah tamu Technology in practice 3 Pergutuan Tinggi Asia Malang, Kamis 26/10/17 Oleh: Asrul Tsani Alumni STMIK ASIA MALANG

Melihat fakta yang kita temui dan rasakan sekarang ini, semua orang kini online, dimana-mana orang menggunakan smartphone, tablet, laptop atau komputer dalam melakukan aktivitas mereka. Semua aktivitas kini bisa dikerjakan secara online, seperti : belanja, transaksi banking, komunikasi dengan teman, bermain game, mendengarkan musik maupun menonton video atau film. Dan setiap harinya, jutaan orang juga mencari sesuatu secara online, untuk segala sesuatu mulai dari tiket penerbangan, mencari oleh-oleh,dll. Dengan meilhat fakta yang masyarakatnya sudah go online, Itu berarti ada jutaan peluang bagi bisnis Anda untuk muncul di depan pelanggan potensial jika anda memasarkan bisnis anda secara online.


Seo Blog


seo blog

SEO adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian organik dari mesin pencari. Hasil pencaria organik disini maksudnya adalah tidak berbayar alias gratis. Jadi bisa dikatakan Anda tidak perlu membayar /gratis agar bisnis anda muncul di halaman hasil pencarian, namun diperlukan kiat-kiat khusus agar situs anda bisa optimal dengan SEO.
Dalam meningkatkan peluang website Anda tampil di hasil pencarian organik intinya adalah kualitas. SEO membantu Anda untuk membuat perbaikan kualitas website Anda sehingga memudahkan mesin pencari menemukan situs Anda dan dapat muncul dinomor 1 hasil pencarian organik.
Mengapa harus di nomor 1  dalam hasil pencarian di halaman pertama? Karena tentunya akan lebih banyak klik (kunjungan) dari para pengguna internet ke situs Anda tersebut, dibandingkan jika situs Anda tidak muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. 
Dalam SEO, memiliki tujuan dasar, utama manfaat dan keuntungan yang dijelaskan sbb:
Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari
Tujuan SEO yang utama :
     * Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
        Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik
     * Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Anda
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Anda pilih, sehingga lalu-lintas / trafik    
Pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Anda tawarkan di situs Anda. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Anda
Manfaat SEO adalah untuk konversi.
Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, atau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen di situs web Anda, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari anggota komunitas, partisipan, atau konsumen Anda.
Konversi Umum
Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web Anda sehingga mudah dijangkau oleh calon audience, pengguna informasi, atau konsumen produk/jasa yang Anda targetkan.
Meningkatnya otoritas, brand, dan kepercayaan konsumen atau komunitas terhadap perusahaan, professional, atau personal Anda, sehingga situs Anda menjadi acuan atau referensi di bidangnya
Konversi Utama
kembalinya pengunjung ke situs Anda, waktu kunjungan yang relatif lebih lama, dan interaksi lainnya yang menyatakan penilaian positif pengunjung situs kepada situs web Anda.
Meningkatnya transaksi penjualan, meningkatnya jumlah pengunjung harian, meningkatnya jumlah pelanggan,dll
Keuntungan SEO tergantung tujuan SEO,bisa keuntungan moril atau materil


Search Engine Marketing (SEM)

Dengan menggunakan SEM memungkinkan Anda menggunakan mesin pencari untuk mengiklankan kepada pelanggan potensial ketika mereka mencari kata-kata tertentu dan frase yang relevan dengan bisnis Anda.
SEM adalah pilihan yang tepat  untuk bisnis Anda karena bersifat  sederhana, namun efektif dalam menampilkan hal-hal yang mereka inginkan.
Pengiklan  dapat  menargetkan pencarian tertentu, anda hanya membayar jika seseorang mengklik iklan anda, jika iklan Anda muncul, akan tetapi tidak ada yang mengklik itu, Anda tidak akan dikenakan biaya , hal ini sering disebut dengan PPC (bayar per klik)
SEM bisa dikatakan cara beriklan yg efektif karena dengan SEM, besar kemungkinan orang-orang akan klik iklan Anda karena iklan yang ditampilkan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung, dengan kata lain cara beriklan dengan SEM adalah cara beriklan kepada orang-orang di saat yang tepat.
seo blog

Cara kerja SEM yang pertama yaitu berdasarkan  penawaran yang kompetitif
Katakanlah Anda bersedia membayar sampai $ 2 ketika orang mengklik iklan setelah mencari bisnis Anda. Harga ini sering disebut biaya maksimum per klik, atau PPC Maks (jumlah maksimum biaya pengiklan siap untuk membayar untuk klik). Jika pesaing Anda hanya punya $1Max PPC, Anda akan memiliki tawaran yang lebih tinggi, yang berarti Anda akan “maju” dalam lelang dan iklan anda akan muncul di posisi awal hasil pencarian. Perlu diingat: bisnis dapat mengubah maksmimum PPC setiap saat, sehingga Anda akan perlu untuk mengawasi tawaran Anda secara teratur untuk memastikan Anda mendapatkan kinerja yang Anda inginkan.
seo blog

Cara kerja SEM yang kedua adalah berdasarkan tingkat relevansi.
Penilaian untk relevansi biasanya diukur dengan nilai dari 1 sampai 10 berdasarkan seberapa dekat iklan Anda berkaitan dengan apa yang seseorang mencari. mesin pencari seperti Google dan Bing lihat ini sebagai Skor Kualitas.
Misalnya, jika seseorang mencari “hotel murah di Bandung”, dan judul iklan Anda adalah “Hotel Murah di Bandung-harga mulai dari 90rb”, mesin pencari mungkin menganggap iklan Anda sangat relevan. Itu berarti Anda akan cenderung mendapatkan Angka Mutu yang tinggi.
Tapi bagaimana jika judul iklan Anda adalah “Pesan Kamarmu di RedDoors” atau “Bandingkan harga hotel di Bdg” Kedua iklan merujuk pada hotel di bandung, tetapi yang satu ini kurang relevan, karena langsung merujuk ke salah satu nama hotel dan website tentang membandingkan harga hotel. Dalam hal ini, relevansi Anda tidak akan sebaik pada Judul yang pertama, sehingga Anda mungkin akan memiliki Skor Kualitas yang lebih rendah dan berada di urutan lebih rendah.
seo blog

Kita kan mempelajar perhitungan SEM yang didasarkan pada cara kerja SEM sebelumnya yang sudah kita bahas, yaitu berdasarkan penawaran dan relevansi.
Pada iklan A memiliki tawaran $2, tapi iklan nya dianggap sangat tidak relevan sehingga skornya 4 dari 10. sedangkan iklan B memiliki tawaran $1, dan relevansinya cukup tinggi yaitu 9. Jika kita melihat secara dekat, kita bisa mengambil semua info ini dan mencari tahu apa yang akan terjadi dalam lelang.
Kemudian kita menghitung peringkat iklan dengan mengalikan biaya penawaran dengan skor kualitas /relevansi, iklan A memperoleh nilai 8 (2 x 4) dan iklan B nilainya 9 (1x 9)
Jadi apa artinya? Meskipun tawaran iklan B kurang dari iklan A, namun iklan B memenangkan lelang, dan dia mendapat posisi yang lebih tinggi pada hasil pencarian dari iklan A.
Hal ini untuk memastikan iklan yang paling relevan dapat memenangkan lelang, tidak hanya orang-orang dengan tawaran tertinggi. Jika iklan Anda tidak memiliki relevansi dan mendapatkan Skor Kualitas rendah, itu akan sulit untuk bersaing. Bahkan, jika relevansi terlalu rendah, mesin pencari mungkin tidak menampilkan iklan sama sekali.
Untuk meningkatkan kinerja Anda, tetap fokus pada peningkatan relevansi semua iklan Anda. Pastikan bahwa iklan Anda selalu cocok dengan istilah yang orang hanya mencari. Dengan melakukan ini, Anda dapat memenangkan posisi yang lebih baik untuk iklan Anda, tanpa harus membayar lebih banyak uang.

seo blog

Dalam rangka meningkatkan relevansi pada SEM, sangat dipengaruhi oleh kata kunci. Lalu bagaimana membuat kata kunci yang baik dalam rangka meningkatkan relvansi yang tinggi?
tiga faktor penting untuk dipertimbangkan saat memilih kata kunci diantaranya : relevansi, traffic (kunjungan) dan kompetisi.
RELEVANSI
Hal pertama yang harus bertanya pada diri sendiri adalah:  kata kunci ini relevan? Atau dengan kata lain, apakah kata kunci ini erat menjelaskan produk atau jasa Anda?
Cobalah untuk fokus hanya pada kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan Anda akan lebih sukses ke depannya.
TRAFFIC
Faktor lain untuk dipertimbangkan adalah berapa banyak kunjungan dari kata kunci. Dengan kata lain, Anda mungkin memiliki kata kunci yang sudah relevan dengan bisnis Anda, tapi bagaimana jika tidak ada yang mencari kata kunci Anda?
Gunakan tools untuk melakukan penelitian kata kunci yang dapat memberikan peningkatan untuk kunjungan pada situs Anda. Namun dalam kenyataannya, Anda mungkin harus menggunakan sedikit trial and error untuk mencari tahu kata kunci yang relevan dan kunjungan yang relatif tinggi.
KOMPETISI
Anda harus mencari kata kunci di mana relevansi dan lalu lintas yang tinggi, dan persaingan relatif rendah.  kata kunci yang anda tentukan harus sedikit kompetitif, maka gunakan kata kunci yang lebih spesifik untuk bisnis Anda.
Jadi, ketika Anda berpikir tentang kata kunci yang Anda ingin disertakan dalam iklan kampanye Anda, kaitkan dengan relevansi, traffic  yang potensial dan kompetisi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages